Jelang Pemilihan Gubernur, PPS Desa Pasir Mulai Di sibukkan Berbagai Kegiatan

Meskipun kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Tengah Tahun 2018 masih dalam hitungan bulan, PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Pasir sudah mulai disibukkan dengan berbagai macam kegiatan.

Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan adalah perekrutan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). PPDP merupakan bawahan dari PPS yang bertugas melakukan pencocokan data pemilih. PPDP ini yang nantinya akan terjun ke lapangan dan mendata tiap warga dari rumah ke rumah. Perekrutan PPDP ini dilakukan sejak bulan Desember lalu. Di Desa Pasir sendiri terdapat 4 orang petugas PPDP, yang terbagi berdasarkan wilayah RW.

Selain itu, Panitia yang berada ditingkat Desa ini juga sudah beberapa kali melakukan kegiatan lain berupa pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara), pemetaan jumlah pemilih, serta mensinkronkan data pemilih yang dikirim oleh KPU serta pemetaan pemilih pemula.

Beberapa minggu lalu, Ketua PPS Desa Pasir juga mengikuti Bintek PPS se Kecamatan Bodeh oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Balai Desa Kelangepok. Eko Gunanto, ketua PPS Desa Pasir mengakui bahwa pada pemilihan kali ini ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan perekrutan PPDP yang tidak diperbolehkan melebihi 2 periode, serta berkaitan dengan syarat warga yang akan menjadi pemilih.

“Ada beberapa perubahan yang berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya. Hal ini tentu menjadikan kinerja PPS menjadi sedikit berat. Tapi insya allah dengan dibantu pemerintahan desa kami akan bisa menyelesaikan semua tahapan ini”. Kata Eko.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa tengah rencananya akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Eko menambahkan, proses pendataan pemilih ini harus benar-benar cermat. Mengingat jumlah data yang dikirim oleh KPU masih banyak yang belum valid.

“Setelah kami cek, masih banyak nama-nama yang belum masuk dan ada beberapa warga yang sudah meninggal tapi masih ada dalam daftar pemilih. Kami berharap PPDP nanti akan benar-benar mendatangi rumah warga untuk mengecek sehingga akan menghasilkan data yang akurat” Tambahnya

Hari ini, sabtu, 13 Januari 2018 Ketua PPS dan Anggota bidang mutarlih juga telah mengikuti Bintek di Pendopo Kecamatan Bodeh. Materi bintek masih seputar tahap pencoklitan, berkaitan dengan PPDP dan pemutakhiran data pemilih. PPS masing-masing desa juga diberikan atribut perlengkapan PPDP, untuk selanjutnya diserahkan kepada PPDP pada tanggal 17 Januari 2018 dan siap melaksanakan tahap pencoklitan pada tanggal 20 Januari 2018.

Kegiatan Bintek PPS Oleh PPK (Foto oleh Admin Desa)

 

Bagikan Lewat :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *