Tahapanan seleksi Pengangkatan Perangkat Desa Pasir telah mencapai tahap tes pidato dan tes komputer. Sesuai dengan jadwal, tes pidato dan komputer ini dilaksanakan hari ini Rabu (15/11/2017) di Balai Desa. Tes pidato dilaksanakan terlebih dahulu sekitar pukul 08.00, kemudian setelah para calon selesai melaksanakan tes pidato,  langsung dilanjutkan dengan tes komputer.

Mekanisme tes pidato adalah para calon mengambil nomor undian terlebih dahulu, kemudian mengambil tema yang akan dibawakan sebagai materi. Pengambilan tema pidato  dilakukan secara acak dan tanpa diketahui sebelumnya oleh para calon, sehingga para calon ini tidak dapat mempersiapkan materi sebelumnya. Hal ini dilakukan karena menurut Toyib, seorang perangkat dituntut harus dapat berbicara didepan umum, dimana pun tempatnya dan dalam situasi apapun. Sebagai contoh ketika seorang kepala desa berhalangan hadir dalam sebuah acara dan tidak dapat memberikan sambutan, maka tidak ada alasan bagi seorang perangkat untuk  menolak menggantikannya. Mau tidak mau harus menggantikannya memberikan sambutan. Sehingga sangat penting seorang perangkat harus memiliki kemampuan berbicara atau berpidato dalam keadaan mendadak dan tanpa adanya persiapan.

Semua calon mendapatkan tema yang berbeda-beda karena panitia telah menyiapkan tema sebanyak 12, sesuai dengan jumlah calon yang berhasil lolos. Durasi waktu yang diberikan bagi masing-masing calon adalah 10 menit. Setiap calon diminta berpidato dihadapan panitia dan BPD.

Sekitar pukul 10.00 WIB, semua calon telah selesai mengikuti tes pidato. Kemudian dilanjutkan dengan tes komputer. Masih sama dengan tes sebelumnya, tes komputer ini juga dilaksanakan secara bergantian sesuai nomor undian. Yang sedikit membedakan adalah dalam ruangan terdapat 3 unit komputer, sehingga para calon tidak terlalu lama menunggu antrian karena 3 peserta langsung masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti tes komputer.

Dalam tes komputer ini, para calon diminta untuk membuat sebuah dokumen berupa surat undangan dan membuat sebuah tabel dalam Microsoft excel. Para calon hanya diberikan sebuah soal cerita, tanpa adanya contoh dokumen yang sudah jadi, sehingga tes ini benar-benar menguji kemampuan para calon dalam hal mengoperasikan komputer, baik word maupun excel.

Kemampuan mengoperasikan komputer mutlak harus dikuasai oleh seorang perangkat desa, mengingat di zaman sekarang ini hampir semua jenis pekerjaan khususnya dalam bidang pemerintahan desa, tidak pernah lepas dari yang namanya komputer, sehingga para calon ini harus benar-benar mampu menguasai komputer.

“Kami membutuhkan seorang perangkat desa yang mahir mengoperasikan komputer. Kami membutuhkan mitra kerja yang bisa membantu kami meringankan pekerjaan. Sehingga tes komputer ini benar-benar sangat penting.” Ujar Khaerudin, Bendahara Desa yang juga menjadi panitia.

Adapun durasi waktu yang diberikan masing-masing peserta adalah 40 menit. Selama 40 menit tersebut, para calon diminta membuat sebuah dokumen, menyimpan dalam folder, kemudian mencetak dokumen yang telah dibuat tersebut. Khaerudin ketika ditanya menjelaskan bahwa selesai atau tidak selesai, kalau memang waktu yang diberikan bagi setiap calon sudah habis, maka mereka harus berhenti mengerjakan.

“ Harus langsung di simpan dan dicetak. Selain benar, kecepatan mengetik juga menjadi salah satu prioritas penilaian.” tambahnya

Hasil tes pidato dan komputer ini rencananya akan diumumkan besok hari kamis melalui surat pemberitahuan sekaligus undangan untuk mengikuti tes final, yaitu tes tertulis yang akan dilaksanakan hari minggu.

Kategori: Berita

3 Komentar

Rani S · 20 Mei 2018 pada 11:31 am

berapa hari jarak antara seleksi sampai pengumuman?

Rani S · 20 Mei 2018 pada 11:37 am

berapa lama jarak antara seleki sampai pengumuman??

    AdminDesa · 20 Mei 2018 pada 12:34 pm

    Dari pendaftaran dibuka, proses seleksi, sampai pengumuman waktunya 1 bulan. Dari 19 Oktober s/d 19 November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *