Kemarin, sabtu (2/6) bertempat di Balai Desa Pasir, PPS Desa Pasir telah melantik ketua KPPS se Desa Pasir pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

Kegiatan pelantikan ini merupakan salah satu tahapan dalam perekrutan anggota KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekretariat PPS, Pengawas lapangan, serta tim sukses masing-masing pasangan calon ini dimulai pada pukul 15.00 dan selesai pukul 17.00.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya, dilanjutkan pembacaan surat keputusan PPS oleh anggota PPS. Selesai pembacaan surat keputusan, ketua PPS atas nama ketua KPU Kabupaten Pemalang melantik ketua KPPS sebanyak empat orang, dengan melibatkan rohaniawan dan para saksi. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara secara simbolis oleh ketua PPS, ketua KPPS, Saksi, dan Rohaniawan. Setelah selesai melantik, ketua PPS Desa Pasir memberikan sambutan sekaligus pembekalan bagi ketua KPPS terlantik.

Dalam sambutannya, ketua PPS Desa Pasir menyampaikan ucapan selamat kepada ketua KPPS terlantik. Dengan dilantiknya ketua KPPS, ini menandakan tugas dan kewajiban masing-masing ketua KPPS telah resmi diberikan kepada mereka. Eko Gunanto, ketua PPS Desa Pasir mengatakan, tugas dan kewajiban yang akan diberikan nanti agar benar-benar dilaksanakan dengan sabik-baiknya demi suksesnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah ini.

Dalam sambutannya tersebut, Eko Gunanto juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu suksesnya acara pelantikan tersebut. Khususnya kepada pemerintah desa yang telah memberikan fasilitas tempat pelantikan.

“Pelantikan ketua KPPS ini memang dilaksanakan dimasing-masing desa, dan yang melantik adalah PPS atas nama KPU Kabupaten. Memang sedikit berbeda dengan pelantikan pada pemilihan sebelumnya, dimana pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 pelantikan dilaksanakan di Kecamatan. Tapi hal tersebut tentu tidak mengurangi kehidmatan proses pelantikan. Kegiatan ini hanya proses, intinya adalah bagaimana nantinya kita dalam menjalankan tugas dan kewajiban” Tambah Eko Gunanto.

Untuk tahapan selanjutnya, nantinya ketua KPPS ini akan mendapatkan bintek oleh PPK Kecamatan beserta anggota KPPS ke 4 dan ke 5. Rencananya bintek akan dilaksanakan dua kali. Adapun tahap kedua akan dilaksanakan di Balai Desa Pasir.

Acara pelantikan selesai pukul 17. 00 dan ditutup dengan pembacaan do’a oleh rohaniawan.

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *