Musyawarah rencana pembangunan desa atau biasa disebut Musrenbangdes tahun 2019 telah menghasilkan beberapa kesepakatan yang disetujui oleh seluruh undangan yang hadir. Musyawarah diselenggarakan pada Rabu (10/10/2018) dengan dihadiri oleh Kasi PMD Kecamatan Bodeh, Pendamping Desa,  Kepala Desa Pasir, Sekretaris Desa, perangkat desa, BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, PKK, ketua RT/RW, Kadus, serta lembaga-lembaga lain yang ada di desa.

Kegiatan musyawarah dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB dengan dibuka oleh Toyib selaku sekretaris desa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu indonesia raya. Acara dilanjutkan sambutan Kepala Desa Pasir sekaligus penyampaian evaluasi hasil pembangunan desa tahun 2018. Beberapa evaluasi hasil pembangunan yang disampaikan yaitu telah selesainya pembangunan rabat beton di Dk. Jati Wetan dan Dk. Lesung, senderan di Dk. Bubak utara, Dk. Bubak Selatan, Dk. Waru, Kalijiap, dan Dk. Gondang,  pembangunan jembatan Dk. Jati Kulon, normalisasi sungai, dan pengadaan alat E-Voting untuk pemilihan kepala desa pasir. Sedangkan untuk senderan dan rabat Dk. Pasir direncanakan selesai pada akhir tahun 2018.

Dalam sambutannya Beliau juga berharap agar Dana Desa untuk tahun 2019 bisa digunakan untuk pembangunan gedung balaidesa, mengingat hingga saat ini pembangunan balai desa belum rampung.

Ibu Sri Sugiarti, selaku Kasi PMD Kecamatan Bodeh juga turut memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa musyawarah kali ini selain membahas rencana pembangunan untuk tahun 2019, juga dibahas rencana pembangunan untuk tahun 2020.

“Ada dua agenda kita pada musyawarah kali ini, yaitu untuk membahas rencana pembangunan tahun 2019 dan tahun 2020. “ ujarnya

Hal ini dikarenakan tahun ini di wilayah Kabupaten Pemalang tengah dihadapkan pada hajat besar, yaitu pemilihan kepala desa serentak se Kabupaten Pemalang menggunakan E Voting, sehingga pada pelaksanaan musrenbangdes langsung dilakukan pembahasan 2 agenda sekaligus. Pendamping Desa, Joko Prawoto menambahkan, seluruh kegiatan fisik yang nantinya akan dilaksanakan agar peran warga desa dapat dimaksimalkan. Pemerintah Desa harus melibatkan warga desa khususnya untuk tenaga kerja agar dapat diambilkan dari warga desa pasir, hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Pasir.

            Berikut adalah review hasil musyawarah yang telah berhasil disepakati.

Rencana pembangunan tahun 2019 sebagai berikut :

  1. Pembangunan jalan poros desa Pasir-Gunungbatu
  2. Pembangunan gang di Dk. Waru
  3. Pembangunan drainase jalan poros desa
  4. Pembangunan jembatan Dk. Pringsurat
  5. Pembangunan talud jalan Dk. Gondang
  6. Drainase Jalan Dk. Gondang
  7. Pembangunan talud Dk.. Bubak
  8. Pembangunan gang Dk. Lesung
  9. Pembangunan gang Dk. Jati Kulon

Rencana pembangunan untuk tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  1. Pembangunan bronjong Dk Pasir
  2. Pembangunan bronjong Dk.  Jati Kulon
  3. Pembangunan jalan Dk . Pasir-Gunungbatu

Rencana program yang akan diusulkan ke musrenbangkec sebagai berikut :

  1. Program fisik               : Pembangunan jalan poros desa/rijit Pasir-Gunungbatu
  2. Program non fisik        : Kegiatan pelatihan menjahit untuk 25 orang

Delegasi yang akan diberangkatkan pada musrenbangkec sebagai berikut:

  1. Dimul Susanto (Kepala Desa)
  2. Abdul Basit (BPD)
  3. Ali Imron (LPMD)
  4. Sunarti (Unsur Perempuan)
  5. Mitsni Soifah (KPMD)
  6. Siti Robiatul Adawiyah (PKK)

Setelah dicapai kesepakatan, acara musrenbangdes tahun 2019 ini ditutup dengan pembacaan do’a oleh Ust Umar Yuto selaku tokoh agama.

Kategori: Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *