Desa Pasir  memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang cukup baik. Ditunjang dengan kondisi tanah yang subur, Desa Pasir menjadi salah satu desa yang berkembang melalui sektor pertaniannya. Luas wilayah Desa Pasir sendiri mencapai 579, 765 ha yang difungsikan menjadi 8 fungsi, yaitu pemukiman, persawahan, ladang/tegalan, hutan, perkantoran, sekolah, jalan, dan lapangan sepak bola. Menurut topografinya, wilayah Desa Pasir sebagian besar merupakan dataran sedang dengan dikelilingi hutan dan perbukitan.

Desa Pasir merupakan salah satu desa yang berkembang melalui sektor pertaniannya.  Salah satu hasil sumber daya alam terbesar di Desa Pasir adalah pertanian padi yang dikembangkan oleh masyarakat. Selain itu ada juga beberapa sektor lain yang mulai dikembangkan oleh masyarakat Desa Pasir  yaitu  perkebunan jagung.

Untuk potensi pariwisata di Desa Pasir masih tergolong minim. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayah di Desa Pasir masih berupa hutan dan sebagian berupa persawahan

Sejauh ini untuk potensi kerusakan dan bencana alam masih terbilang aman. Hal ini dikarenakan  letak wilayah Desa Pasir yang cukup jauh dari laut maupun gunung. Sehingga terhindar dari bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir.

Untuk jarak antara Desa Pasir ke kecamatan masih terbilang jauh, kurang lebih 17 km dan bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit. Sedangkan jarak dari Desa Pasir ke ibukota kabupaten 34 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Kemudian untuk jarak tempuh dari Desa Pasir ke ibukota provinsi terbilang sangat jauh. Hal ini mengingat wilayah provinsi Jawa Tengah yang luas, sehingga jarak antara kabupaten ke ibukota provinsi sangat jauh. Adapun jarak antara Desa Pasir ke ibukota provinsi (Jawa Tengah) kurang lebih 200 km dan bisa di tempuh dalam waktu kurang lebih 3-4 Jam waktu normal.

Diharapkan dengan adanya potensi sumber daya alam yang ada di Desa Pasir ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat membantu mamajukan perekonomian di Desa Pasir.

Sumber data :

Buku Profil Desa